SEMANGAT PERJUANGAN DAN PERSAUDARAAN DALAM RAKER DEWAN DA’WAH

  • Whatsapp


Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            Kepengurusan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (Dewan Da’wah) masa khidmat 2020-2025 terus bergerak cepat.  Selama dua hari (17-18 Oktober 2020) para pengurus melaksanakan Rapat Kerja. Ada 20 lebih bidang dakwah yang menyampaikan program kerjanya.

Bidang-bidang itu mencakup: Bidang Luar Negeri, Wakaf dan Zakat, Pendidikan, Pemberdayaan Organisasi Daerah, Pembinaan Dai, Kaderisasi Ulama, Politik Hukum dan HAM, Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan Pertanian, Ekonomi, Kerukunan Umat Beragama, Fatwa, Ghazwul Fikri, Kominfo, Bina Pesantren, Bina Da’wah Kampus, dan Bina Masjid, serta Dakwah Khusus. Juga, presentasi program kerja dua badan otonom, yaitu: Muslimat Dewan Da’wah dan Pemuda Dewan Da’wah.

Sejak tahun 2005 saya sudah aktif dalam kepemimpinan Dewan Da’wah. Ketika itu saya dipercaya memimpin bidang Ghazwul Fikri. Tahun 2010-2020, saya diamanahi menjadi salah satu anggota Badan Pembina Dewan Da’wah. Dan pada 22 September 2020, secara resmi mendapat amanah sebagai Ketua Umum Dewan Da’wah masa khidmat 2020-2025.

Alhamdulillah, dalam waktu sebulan, penyusunan kepengurusan dan sejumlah masalah penting telah terselesaikan. Banyak masalah lain yang menunggu untuk diatasi. Dan yang lebih penting adalah menyusun program kerja lima tahun kedepan. Syukurlah, Dewan Da’wah telah memiliki LIMA panduan gerak dakwah: mengokohkan aqidah, mempererat ukhuwah, menegakkan syariah, menjaga NKRI, dan peduli masalah dunia Islam.

            Dewan Da’wah pun memiliki “teladan da’wah” yang hebat, yakni Mohammad Natsir, pendiri dan sekaligus pemandu perjalanan Dewan Da’wah selama 26 tahun. Pemikiran, perjalanan hidup,  serta jejak langkah perjuangan Pak Natsir masih terjaga dengan baik. Setelah saya telusuri, ditemukan 74 judul buku Pak Natsir. Kabarnya masih ada puluhan lagi yang belum tercatat. Buku-buku ini insyaAllah akan kami terbitkan lagi dalam format yang lebih menarik, sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas, termasuk oleh generasi milenial.

            Alhamdulillah, selama Rapat Kerja dua hari, kami mendapatkan banyak cerita tentang keteladanan Pak Natsir. Dalam kepengurusan Dewan Da’wah kali ini, ada senior kami, KH A. Wahid Alwi (73 tahun), yang selalu memandu dan memberikan taushiyah-taushiyah penting. Beliau adalah seorang kader terbaik Pak Natsir yang banyak mendapat kepercayaan untuk menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh penting di Timur Tengah.

lanjut baca,

http://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/semangat-perjuangan-dan-persaudaraan–dalam-raker-dewan-dawah

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *