PAUS FRANSISKUS DUKUNG LEGALITAS IKATAN HOMO DAN LESBI. BAGAIMANA BISA BEGITU?

  • Whatsapp

Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            Situs Kompas.com, 22 Oktober 2020, menurunkan berita berjudul “Paus Fransiskus secara Gamblang Dukung Legalitas Ikatan Sipil Sesama Jenis”. Berita ini tentu saja menjadi berita menarik, baik internal Gereja Katolik dan maupun dunia internasional.

            “Kaum homoseksual punya hak untuk berkeluarga,” kata Paus Fransiskus dalam film dokumenter yang tayang perdana pada Rabu (21/10/2020). “Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya,” ucapnya.

“Apa yang harus kita buat adalah undang-undang ikatan sipil. Dengan cara itu mereka dilindungi undang-undang,” begitu kata Paus,  sebagaimana dilansir dari BBC pada Kamis (22/10/2020).

Civil Union atau ikatan sipil adalah hubungan jangka panjang, seperti menikah, antara dua individu. Biasanya, hubungan yang diakui akan memberikan mereka hak sipil yang sama atau hampir sama dengan pernikahan, seperti hak waris, kunjungan rumah sakit, hak untuk memberi keputusan medis, pajak yang terpisah, mengadopsi anak atau inseminasi artifisial, dan benefit karyawan untuk partner dan keluarga mereka.

Paus mengatakan bahwa dia “membela itu”, merujuk pada saat ia menjadi Uskup Agung Buenos Aires. Meskipun menentang pernikahan sesama jenis secara hukum, dia mendukung beberapa perlindungan hukum untuk pasangan sesama jenis. Pernyataan Paus di film dokumenter bahwa perlu menerima anggota keluarga gay atau mengakomodasi kemitraan sesama jenis dalam hukum perdata, “tidak berarti menyetujui tindakan homoseksual”, sebagaimana yang dilansir dari America Magazine pada Kamis (22/10/2020).

Dalam sejumlah kesempatan, Paus Fransiskus telah memperingatkan institusi pernikahan dan menggambarkan pernikahan sebagai “antara pria dan wanita.” Film Francesco, tentang kehidupan dan karya Paus Fransiskus, ditayangkan perdana sebagai bagian dari Festival Film Roma. Selain komentar Paus tentang ikatan sipil, film tersebut juga menunjukkan dia mendorong 2 pria gay untuk menghadiri gereja bersama 3 anak mereka.

 Penulis biografi Paus Fransiskus, Austen Ivereigh, mengatakan kepada BBC bahwa dia “tidak terkejut” dengan komentar terbaru dari Paus. “Ini adalah posisinya sebagai Uskup Agung Buenos Aires,” kata Ivereigh.

“Dia selalu menentang pernikahan untuk pasangan sesama jenis. Tapi, dia percaya gereja harus mengadvokasi undang-undang persatuan sipil bagi pasangan gay untuk memberi mereka perlindungan hukum,” ujarnya.

Lanjut baca,’

http://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/paus-fransiskus-dukung-legalitas-ikatan-homo-dan-lesbi.–bagaimana-bisa-begitu

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *