MENUNGGU LAHIRNYA PARA PEJUANG SYARIAH YANG BIJAK

  • Whatsapp

 Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            Pada hari Sabtu, 8 Agustus 2020, saya mengisi acara diskusi via zoom di Fakultas Syariah Universitas Darussalam (Unida) Gontor Ponorogo. Temanya: “Islamisasi Ilmu Hukum, Agenda dan Penerapannya di Indonesia”. Dalam berbagai kesempatan diskusi tentang Islamisasi Ilmu, saya sering mengingatkan bahwa Islamisasi ilmu perlu dilakukan karena ada masalah pada ilmu kontemporer yang diajarkan kepada umat Islam saat ini.

            Bahkan, menurut Prof. Syed Naquib al-Attas, tujuan pendidikan dalam Islam adalah melahirkan manusia-manusia yang baik, manusia yang sempurna, atau manusia yang beradab. Dan tantangan terbesar untuk mencapai hal itu adalah tantangan ilmu yang salah atau ilmu yang mudharat. Ilmu yang diajarkan tidak membawa manusia kepada kebaikan (ilmu yang bermanfaat), tetapi justru telah menimbulkan bencana yang luas (ilmu yang mudharat).

            Dengan Islamisasi ilmu hukum dan pendidikan bidang hukum, maka diharapkan Fakultas Hukum atau Fakultas Syariah akan menjadi lembaga pendidikan terbaik. Sebab, tujuan utama Islamisasi ilmu adalah melahirkan manusia-manusia yang baik. Yakni, manusia yang berguna bagi sesamanya.

            Dari Fakultas-fakultas Syariah yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Islam, kita berharap akan lahir para pejuang penegak kebenaran. Saya mengusulkan agar Unida Gontor memadukan aspek syariah dan aspek tazkiyyatun nafs  atau aspek tasawwuf dalam pendidikan syariah. Jika perlu, namanya bisa diubah menjadi “Fakuktas Syariah dan Tasawwuf”.

Sebab, problem utama belum tampaknya keindahan syariah Islam adalah pada faktor menusianya. Saya teringat kata-kata seorang pakar dan pejuang syariah Islam, (alm) Bpk. Hartono Mardjono, yang menyatakan, bahwa Syariah Islam itu adalah laksana pesawat yang super canggih. Pilotnya harus orang-orang yang canggih pula, agar pesawat itu bisa terbang dengan baik.

Lanjut baca, 

http://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/menunggu-lahirnya–para-pejuang-syariah-yang-bijak

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *