CARA ILMUWAN MUSLIM MEMAHAMI CORONA

  • Whatsapp

 

(Audio Version)

Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini)

Tujuan diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. (QS 51:56).  Karena itu, hidup memang untuk  ibadah. Manusia beribadah supaya semakin dengan Allah SWT. Dalam upaya meniti jalan yang lurus, mendekat kepada Allah, manusia senantiasa digoda oleh setan.

Musibah apa pun yang menimpa setiap orang — gempa bumi, banjir, kebakaran, kecelakaan, penyakit, kebangkrutan, dan sebagainya – merupakan ujian iman dari Allah. Manusia yang lulus ujian, akan naik derajatnya, semakin menjadi hamba Allah yang taqwa. Yang gagal harus berjuang terus agar lulus ujian iman. (QS 29:2-3).

Itulah hakikat perjalanan hidup manusia. Maka, begitulah cara pandang kita dalam memahami merebaknya virus corona.  Semua itu berpangkal pada ilmu. Ilmu untuk memahami virus corona. Virus adalah makhluk Allah; virus adalah bagian dari ayat-ayat Allah.

            Sains Islam – bukan sains sekuler – mengakui tiga sebab manusia meraih ilmu, yakni dari panca indera, akal, dan kabar yang benar. Ketiga sumber ilmu harus diletakkan secara proporsional dan integral. Dalam perspektif sains Islam, para ilmuwan muslim meletakkan fenomena alam – termasuk fenomena virus Corona — pada tempatnya, yakni sebagai “ayat-ayat Allah”. Alam semesta, bukan semata-mata objek pengamatan yang terlepas dari nilai-nilai Ilahiah dan domensi ukhrawiyah.

Lanjut Baca, 

http://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/cara-ilmuwan-muslim-memahami-corona

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *