75 TAHUN KEMERDEKAAN: KITA SYUKURI YANG ADA

  • Whatsapp

Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            Pada tanggal 17 Agustus 2020, Indonesia memperingati kemerdekaannya ke-75. Sejak merdeka, kita sudah menetapkan Tujuan Kemerdekaan kita — sebagaimana dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 – ”membentuk pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.”

Sudahkah tujuan itu tercapai? Atau, masih jauhkah tujuan yang hendak kita tuju itu? Silakan menilai sendiri kondisi bangsa kita sekarang ini!

Mengapa kondisi kita seperti sekarang?  Sebabnya jelas, karena kita tidak mampu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah. Dalam Pembukaan UUD 1945 disebutkan dengan jelas, bahwa kemerdekaan Indonesia terjadi ”Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa.” 

Jika kita menyadari bahwa kemerdekaan adalah rahmat Allah, maka seharusnya kita memanfaatkan dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang diridhai oleh Allah. Seharusnya kita mensyukuri kemerdekaan ini dengan menjadikan ajaran-ajaran Allah SWT sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; bukan menjadikan hawa nafsu dan aturan-aturan kolonial sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Allah SWT telah menjanjikan, bahwa:  “Andaikan penduduk suatu wilayah mau beriman dan bertaqwa, maka pasti akan Kami buka pintu-pintu barokah dari langit dan bumi. Tetapi mereka mendustakan (ajaran-ajaran Allah), maka Kami azab mereka, karena perbuatan mereka sendiri” (QS Al-A’raf:96).

Beberapa ayat al-Quran al-Karim memberikan penjelasan tentang kehancuran suatu bangsa.           ”Maka apabila mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan tiba-tiba (sekonyong-konyong), maka ketika itu mereka  terdiam dan berputus asa.” (QS al-An’am:44).

            ”Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah), tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepatutnya berlaku keputusan Kami terhadap mereka, kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.” (QS al-Isra’:16)

*****

Lanjut baca,

http://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/75-tahun-kemerdekaan:-kita-syukuri-yang-ada

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *